Friday 11 December 2015

Frozen Brownies


Sebenarnya frozen brownies ini hasil modifikasi resepnya mbak Ricke - Ordinary Kitchen. Pertama kali nyicip cake ini waktu mengikuti baking class di Daejeon pada Februari lalu. Rasanya enak, tidak terlalu manis dan moist seperti brownies kukus. Saat mencoba mempraktekkan sendiri, saya terpikir untuk menambahkan cooking coklat seperti resep brownies kukus ala Amanda. Saya modif deh resepnya mbak Ricke.

Cake yang dikukus cenderung lebih lembab (moist) sehingga tidak tahan lama walaupun sudah disimpan di dalam kulkas. Cepat berjamur. Nah untuk mensiasatinya saya potong kecil-kecil, kurang lebih seukuran ibu jari, dibungkus dengan allue foil lalu disimpan di dalam freezer. Jadi deh frozen brownies. Kalau mau dimakan, tinggal keluarkan secukupnya saja.

Frozen brownies ini rasanya hampir seperti coklat dingin tapi lebih empuk karena asalnya kan cake coklat. Yummy!

Oh iya, resep ini recommended banget deh buat yang belum atau ga punya mixer. Telurnya dikocok dengan garpu. Pokoknya gampang banget deh. Mariii dicoba ;)

Bahan :
100 gr terigu serba guna
50 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
100 gr margarin
100 gr minyak goreng
180 gr gula pasir
150 ml susu cair
50 gr cooking chocolate dicincang kasar
2 butir telur dikocok lepas
1 sdt vanili

Cara membuat :
1. Campur terigu, coklat bubuk, baking powder dan baking soda. Ayak lalu sisihkan.
2. Panaskan dalam panci, margarin, minyak goreng, gula pasir, susu cair sampai gula larut dengan api sedang. Matikan api. Masukkan coklat cincang, aduk terus hingga semua coklat leleh. Diamkan hingga dingin.
3. Campurkan adonan margarin ke dalam kocokan telur. Tambahkan vanili. Aduk rata dengan whisker atau sendok kayu.
4. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
5. Panaskan kukusan hingga beruap banyak, Alasi tutupnya dengan serbet, bila perlu. Siapkan loyang tulban diameter 20 cm atau loyang bulat/persegi 18 cm. Olesi margarin dan taburi terigu atau alasi dengan kertas roti.
6. Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus selama 40 menit atau sampai dites dengan tusuk gigi tidak ada yang nempel. Diamkan sampai dingin.
7. Keluarkan dari loyang. Potong sesuai selera, bungkus dengan allue foil lalu simpan di dalam freezer.