Tuesday 25 June 2013

Sop Buah


Saya kurang tahu kapan minuman / dessert ini mulai populer. Seingat saya, pada tahun 2004 meninggalkan tanah air untuk merantau, saya belum mengenal minuman ini. Lalu ketika tiga tahun yang lalu saya kembali, sop buah sudah menjamur dimana-mana. Bisa dijumpai di pinggir jalan, di pasar tradisional ataupun di rumah makan.

Sebelum sop buah, kita sudah mengenal es buah. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Es buah, airnya bening dengan rasa sedikit asam karena ada penambahan asam sitrat. Umumnya menggunakan buah nanas, pepaya, bengkoang yang direndam air kapur sirih dulu beberapa saat, agar tidak lembek. Sop buah, airnya menggunakan campuran susu kental manis dan sirup rasa cocopandan atau vanila. Buah yang digunakan lebih beraneka macam dan biasanya lebih berwarni-warni tanpa perlu direndam air kapur sirih dulu (rangkuman dari berbagai sumber).

Membuat sop buah ini sangat mudah. Tapi sajian ini tidak tahan lama walaupun disimpan dikulkas. Jadi buatlah seperlunya saja.

Bahan :
Buah-buahan yang beraneka warna.
Daging kelapa muda (optional, saya ga pake)
Susu kental manis putih
Sirup cocopandan / vanila
Air dingin secukupnya

Cara membuat :
1. Buah-buahan dicuci bersih dan potong berbentuk dadu. Atau bisa juga dibentuk bulat dengan bantuan fruits baller. Tiriskan.
2. Campur susu kental manis, sirup dan air secukupnya. Aduk rata, sesuaikan rasanya dengan selera.
3. Campurkan potongan buah dan larutan susu. Bisa ditambahkan es batu.
4. Sajikan dingin.

No comments: