Tuesday, October 14, 2014

Schotel Kentang Kukus


Oo...how I miss my oven and baking tools :( 
Sebenarnya saya punya cukup waktu luang untuk berlama-lama di dapur, tapi karena peralatan yang terbatas jadinya tidak banyak olahan dapur yang bisa dibuat.

Kebetulan punya stok kentang, pengennya dibuat schotel. Tapi ga ada oven, ya sudah dikukus aja. Kukusan yang ada pun ukurannya kecil, untungnya ketemu loyang silikon ukuran kecil juga, jadi deh schotel kukus ukuran mini. Bikin 1/2 resep, dapat 4 loyang. Untuk topping, selain keju saya tambahkan kuntum brokoli di tiap loyang, jadi mempercantik tampilannya. Nilai tambahnya selain berprotein juga kaya serat.

Perlu resep?? Silahkan meluncur ke sini yaa... ;-)

Monday, October 6, 2014

Mie Ayam

Kalo bukan karena cinta, kayanya malas deh bikin mie ayam ini. Suit...suit.... :D Soalnya suami saya penyuka olahan mie, termasuk mie ayam. Waktu di Indonesia hampir tiap minggu beli mie ayam. Biasanya sering beli di warung mie ayam di depan komplek rumah kami di Cibinong. Dan sudah dari minggu lalu, selalu ngomong kangen mie ayam.

Mie ayam ini saya buat dengan memanfaatkan sisa ayam goreng mentega. Pelengkapnya juga minimalis banget, dengan brokoli rebus, saus sambal, daun bawang, seledri dan bawang goreng. Pokoknya memanfaatkan bahan yang ada di dapur saja.

Walaupun ini mie ayam minimalis tapi dengan rasa spesial karena dibuat dengan hati yang penuh cinta *heart*

Friday, September 26, 2014

Chamchi Yachae Bibimbap

Bibimbap adalah masakan Korea yang sangat populer, berupa nasi putih yang dilengkapi dengan lauk, sayur serta gochujang (saus sambal). Istilah yang lebih sederhana, sebut saja nasi rames ala Korea. Menurut saya ada yang menarik saat melihat orang-orang Korea menikmati makanan ini. Mereka mengaduk-aduknya hingga nasi dan pelengkapnya tercampur rata, setelah itu baru dimakan.

Ada berbagai variasi bibimbap berdasarkan lauk pelengkapnya. Ada yang memakai daging, ayam, telur dan tuna. Sebagian besar resep juga menyertakan kimchi sebagai topping. Kali ini adalah bibimbap tuna (chamchi) dan sayur (yachae). Sayurannya bisa disesuaikan dengan selera kok. Penasaran pengen nyoba? Ga perlu ke Korean Resto, bikin sendiri aja yuuk..;)

Tuesday, September 16, 2014

Ayam Goreng Mentega

Masakan dengan cita rasa oriental seperti ayam goreng mentega ini cukup populer. Banyak yang menjualnya, mulai dari warung di pinggir jalan sampai restoran. Walaupun banyak yang menjual, ada baiknya sesekali memasak sendiri. Kalau memasak sendiri, bisa menyesuaikan rasa dengan selera kita.

Bahan dan cara membuatnya gampang kok. Menurut saya, lebih mudah dibanding memasak ayam goreng yang diungkep. Yuuk mariii...